6 February 2012

Tempat Tinggal Haiwan

Tempat tinggal haiwan yang disebut dalam al-quran.

Sarang, pohon kayu : lebah, semut

  • (Surah An-Nahl, 16 : 68)
68. Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia",

  • (Surah An-Naml, 27 : 18)
18. Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tenteranya, sedangkan mereka tidak menyedari";



Kandang : binatang ternak

  • (Surah An-Nahl, 16 : 6)
6. Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan.


Di dalam air : ikan

  • (Surah An-Nahl, 16 : 14)
14. Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari kurnia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.


  • (Surah Al-Kahfi, 18 : 61)
61. Maka tatkala mereka sampai ke pertemuan dua buah laut itu, mereka lalai akan ikannya, lalu ikan itu melompat mengambil jalannya ke laut itu.

  • (Surah Al-A’raf, 7 : 163)
163. Dan tanyakanlah kepada Bani Israil tentang negeri[578] yang terletak dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu[579], di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik.

[578] yaitu kota Eliah yang terletak di pantai laut merah antara kota Mad-yan dan bukit Thur.


[579] menurut aturan itu mereka tidak boleh bekerja pada hari Sabtu, kerana hari Sabtu itu dikhususkan Hanya untuk beribadat.


No comments: